Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Agar Rambut Jadi Lembut dan Halus

 Rambut yang sehat akan terlihat dan terasa lembut juga halus. Jika rambut Anda menjadi terlalu kering dan rapuh, ia mungkin telah kehilangan minyak alami yang digunakan rambut Anda untuk memelihara kelembaban. Sangat mudah untuk berada pada kondisi ini, tapi karena ini bukan masalah yang sulit untuk diatasi, mengapa tidak mencoba beberapa saran berikut? Setidaknya salah satunya mungkin sesuai dengan tekstur dan kebutuhan rambut Anda.

artikel tentang cara merawat rambut agar terlihat indah, sehat dan juga lembut dan halus

1. Masker Rambut
  • Cobalah masker mayones. Namun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan mayones jika Anda alergi terhadap telur. Mayones terbuat dari emulsi kuning telur dan minyak, ia bekerja dengan memberikan rambut Anda minyak yang diperlukan supaya rambut menjadi mengkilap dan penuh. Lumuri rambut Anda seluruhnya dengan mayones dan biarkan selama tiga puluh menit. Gunakan mayones yang penuh lemak untuk hasil terbaik. Setelah mayo meresap ke dalam rambut Anda, bilas dengan air hangat diikuti dengan mencuci rambut mengunakan sampo dan kondisioner seperti biasanya.
  • Pijat minyak telur ke kulit kepala dan biarkan semalaman kira-kira dua kali seminggu. Minyak telur mengandung:
  1. Rantai panjang poli tak jenuh asam lemak Omega-3 seperti docosahexanoic acid (DHA) yang merevitalisasi sel-sel folikel.
  2. Anti-oksidan xanthopil seperti lutein dan zeaxanthin yang mencegah penuaan dini (rambut beruban).
  3. Imunoglobulin yang mengurangi peradangan.
  4. Kolesterol yang menjadikan rambut berkilau dan bersinar serta menghilangkan ketombe.
  • Gunakan masker gelatin. Untuk mengembalikan protein pada rambut Anda, campurkan satu sendok makan gelatin (tanpa rasa) dan satu sendok makan air hangat lalu lumuri rambut Anda. Biarkan campuran meresap di rambut Anda selama sepuluh menit, kemudian bilas. Lanjutkan dengan menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasanya.
  • Gunakan masker kembang sepatu. Haluskan daun tanaman kembang sepatu dengan food processor sampai membentuk pasta. Lumuri rambut Anda dengan pasta ini, fokus pada kulit kepala dan akar rambut. Biarkan meresap selama tiga puluh menit, kemudian bilas dengan air hangat dan sampo. Tanaman kembang sepatu juga mencegah rambut beruban secara prematur.

2. Lidah Buaya
Gunakan lidah buaya. Gunakan lidah buaya langsung dari tanamannya atau beli botol berisi lidah buaya 100%. Oleskan gel pada rambut Anda, pijat di sekitar akar dan bergerak ke ujungnya. Biarkan ia meresap ke dalam rambut Anda selama dua jam atau lebih, kemudian bilas bersih rambut Anda. Lanjutkan dengan mencuci rambut seperti biasa dengan menggunakan sampo dan kondisioner.

3. Buah
  • Gunakan alpukat dan pisang. Hancurkan sebiji pisang dan alpukat untuk membentuk pasta, campur keduanya. Lumuri dan pijat pasta ke rambut Anda, pastikan untuk menutupi semua helai rambut dengannya. Biarkan masker menyerap selama satu jam, kemudian bilas. Kombinasi alpukat dan pisang bekerja untuk melembutkan ujung rambut bercabang dan menambah elastisitas pada rambut Anda.
  • Gunakan alpukat dan kuning telur. Haluskan alpukat dan kuning telur bersamaan. Pastikan ia membentuk pasta yang tercampur dengan rata. Kemudian lumuri rambut Anda dengan campuran ini dan biarkan selama 30-45 menit. Setelahnya, Anda dapat membilas rambut dengan air dingin. Metode ini akan membantu rambut Anda tetap segar dan sehat.
  • Coba gunakan apel yang direbus. Rebus satu atau dua biji apel (tergantung pada panjang rambut Anda) sampai lunak. Angkat lalu haluskan hingga menjadi pasta kental. Biarkan saus apel hingga tidak terlalu panas, setelah agak hangat lumurkan pada rambut Anda. Biarkan selama tiga puluh menit dan kemudian bilas dengan sampo dan kondisioner.

4. Telur
Lembutkan rambut Anda dengan telur. Campurkan tiga kuning telur dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Kocok campuran hingga rata, kemudian oleskan campuran pada seluruh rambut. Biarkan campuran tersebut meresap pada rambut Anda di bawah topi mandi selama tiga puluh menit, lalu bilas. Gunakan sampo dan kondisioner untuk menghapus semua sisa telur. Mandilah dengan air hangat tapi jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat membuat kuning telur pada rambut Anda masak, sehingga sulit untuk dibersihkan. Jika Anda tidak suka bau atau campuran telur mentah pada rambut Anda, Anda juga dapat membeli minyak telur yang siap pakai. Minyak telur siap pakai ini juga menghilangkan risiko infeksi salmonella atau alergi yang berasal dari telur mentah.

5. Bir
Gosok rambut Anda dengan bir. Bir? Ya, bir. Ia berfungsi menjadikan rambut berkilau dan bervolume karena kandungan vitamin B yang tinggi, fosfolipid dan beberapa mineral lainnya. Tuangkan bir (apapun) ke dalam botol semprotan, dan setelah Anda selesai mandi semprotkan ke rambut Anda. Jika Anda menggunakan pengering rambut, bau bir akan menghilang bersama dengan udara panas dari pengering rambut.

6. Merawat Rambut Anda
  • Hindari mencuci rambut setiap hari. Folikel rambut Anda menghasilkan minyak alami (lipid) yang menjadikan rambut bersinar dan menambah kelembutan; mencuci rambut Anda berulang kali dengan bahan kimia (seperti yang terkandung pada sebagian besar sampo) menghilangkan minyak ini. Meskipun sekali kala Anda perlu membersihkannya karena ia akan menumpuk dan menyebabkan rambut menjadi sangat berminyak, mencucinya setiap hari akan mengikis minyak yang sehat ini. Cuci setidaknya sekali seminggu atau tidak lebih dari dua kali seminggu untuk menjaga rambut tetap sehat.
  • Hindari pewarna rambut. Pra rawatan (biasanya dengan amonia) membuat helai rambut melemah dan merusak folikel rambut. Berulang kali menggunakan warna rambut akan membuat rambut Anda kering, kusam dan tidak sehat.
  • Jauhi produk pemanas rambut. Menggunakan alat pengering rambut, besi pelurus rambut, dan pengeriting rambut membakar rambut Anda dan membuatnya bercabang. Rambut kering, rapuh, dan rusak ini akan sulit untuk dilembutkan serta tampak mati dan kusam. Coba kurangi penggunaan alat pemanas rambut semampu Anda, atau menghindarinya sama sekali. Biarkan rambut Anda kering dengan udara alami setelah Anda mencucinya. Jika Anda harus menggunakan pengering rambut, gunakan tanpa panas.
  • Konsumsi suplemen vitamin. Suplemen tertentu, seperti minyak Omega-3, fosfolipid telur ikan, dan vitamin E, memperbaiki kemilau dan pertumbuhan rambut Anda. Belilah suplemen-suplemen ini dalam bentuk gel kapsul dari toko makanan kesehatan, dan konsumsi setiap hari.
  • Potong ujung rambut yang bercabang. Seiring waktu, rambut Anda akan terlihat rusak dan kering jika bagian ujungnya yang bercabang tidak dipangkas. Luangkan waktu setiap 3-4 bulan untuk memotong ujung rambut, dan perhatikan rambut Anda yang semakin tampak berkilau.

7. Rawatan Minyak
  • Rendam rambut Anda dengan minyak di malam hari. Sebelum Anda pergi tidur di malam hari, lumuri rambut Anda dengan lapisan minyak zaitun atau minyak telur kemudian bungkus rambut dengan menggunakan topi mandi atau bandana. Pijat minyak dari akar rambut Anda sampai ke ujung. Lumuri rambut Anda dengan minyak zaitun atau minyak telur, kemudian bungkus dengan penutup rambut, bilas rambut keesokan paginya dengan sampo dan kondisioner.
  • Lakukan rawatan minyak panas. Panaskan empat sendok makan minyak kelapa, zaitun, kacang badam, atau minyak jarak dalam panci sampai cukup hangat untuk disentuh (tidak panas). Tuangkan minyak hangat ini ke rambut Anda, dan gunakan jari Anda untuk memijat ke dalam akar dan kulit kepala. Ketika semua helai rambut telah dilapisi dengan minyak hangat, tutup dengan topi mandi kemudian bungkus bagian luar topi mandi dengan handuk panas. Panas dari minyak dan handuk akan membuka pori-pori kulit kepala Anda, menjadikan minyak terserap dan menciptakan keajaiban pada rambut Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan minyak panas dapat menimbulkan rambut beruban secara prematur.

8. Cuka
Gunakan cuka sari apel sebagai kondisioner. Campurkan ½ cangkir cuka sari apel dengan 1 cangkir air hangat. Gosokkan ke rambut Anda setelah Anda mencucinya, dan biarkan ia meresap selama sepuluh menit. Kemudian, bilas lagi, tapi tanpa sampo. Campuran ini berfungsi untuk menambah kemilau rambut dan mengurangi ketombe. Namun, asam asetat dalam cuka bisa melemahkan helai rambut oleh sebab itu metode ini sebaiknya tidak digunakan lebih dari dua kali dalam setahun.

Tips
  • Minum banyak air.
  • Mengepang rambut Anda di malam hari akan mencegahnya kusut dan menjadikannya tetap halus.
  • Selalu menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo untuk meningkatkan kelembutan rambut Anda.
  • Sikat rambut Anda, mulai dari bawah ke atas. Jangan terlalu sering menyisir rambut, cukup lakukan sekali kala.
  • Beli jenis sampo dan kondisioner yang tepat untuk rambut Anda. Rambut setiap orang berbeda dan Anda perlu mencari produk khusus yang sesuai untuk jenis rambut Anda.
  • Mandi seperti biasa; sikat (sisir) rambut Anda di kamar mandi dan biarkan sampo dan kondisioner selama lima menit sebelum dibilas. Hindari panas jika mungkin. Gunakan pelindung panas. Mungkin sulit tapi lebih bermanfaat untuk jangka panjang!
  • Gunakan deep conditioner atau rawatan kondisioner dua kali dalam seminggu untuk rambut yang lembut, mengkilap, dan kuat.
  • Setiap orang memiliki rambut yang berbeda, oleh karena itu tanyakan penata rambut Anda mengenai perawatan rambut yang lebih spesifik dan personal.
  • Kepang rambut Anda ke samping di hari yang sibuk, dan jika Anda ingin rambut tergerai dengan lembut, buka kepangan dan rambut akan tergerai indah bergelombang.

Demikianlah artikel tentang cara merawat rambut agar terlihat indah, sehat dan juga lembut dan halus. Sekian dan terima kasih.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon